17 Agustus 2013

Main Suikoden 1 & 2

Selamat malem dan selamat datang di blog saya,
Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68, MERDEKA!!!
Yah, walaupun hatiku selama ini selalu dijajah sama kamu...
Buat yang pertama kali datang, jangan lupa datang lagi di lain waktu,
Buat yang masih setia baca postingan saya yang gak jelas ini, makasih banyak semuanya,

Googlepun turut merayakannya :)

Sebenernya saya lagi galau karena satu dan lain hal, tapi daripada galau ga jelas, akhirnya saya memutuskan untuk membuat satu postingan mengenai salah satu kegiatan saya di masa liburan kali ini, yaitu "MAIN GAME" *suram*. Kali ini yang saya mainkan adalah game yang sudah lama ada, yaitu "SUIKODEN 1 & 2" yang seharusnya saya mainkan di masa kecil dulu, namun karena saya sedari kecil ga dibolehin beli PlayStation, jadinya game satu ini belum pernah saya mainkan sebelumnya. Akhirnya di masa liburan yang suram indah ini, akhirnya saya berhasil menamatkan suikoden 1 dan 2 di laptop saya dengan menggunakan emulator (program buat ngemaininhatinya) selama seminggu, di mana suikoden 1 tercatat waktu 20 jam main dan di suikoden 2 tercatat 30 jam main *horeeee...* *kena timpuk orang rumah karena kerjaannya main game aja*.

Buat yang belum tau suikoden, biar saya ceritain dikit, jadi suikoden ini merupakan game RPG yang banyak diacungi jempol karena memiliki jalan cerita yang menarik, di sini tentunya kita akan menjadi tokoh utama, dimana Tir McDohl bukan McDodol akan menjadi tokoh utama di suikoden 1 dan di Riou di suikoden 2 (namanya bisa dibikin sendiri, coba aja nama yang aneh-aneh, biar waktu maen bisa ketawa-ketawa sendiri). Jadi inti game ini adalah mengenai revolusi dalam pemerintahan yang dikemas dalam sebuah cerita yang manis dan menarik.

Suikoden, temennya Suimanto

Suikoden 1 bercerita mengenai seorang tokoh utama, Tir yang memiliki seorang ayah yang punya jabatan penting dalam pemerintahan. Ayahnya lalu merekomendasikan anaknya kepada Raja untuk bisa menjadi penerusnya.  Ayah Tir ternyata ditugaskan ke suatu tempat dan akhirnya Tir diberi beberapa tugas dalam pemerintahan.  Namun lama kelamaan Tir mengetahui kebusukan pemerintah di mana terjadi korupsi dan tindakan-tindakan buruk lainnya yang dilakukan oleh pemerintah. Tindakan pemerintah yang buruk ini diakibatkan oleh seorang penyihir bernama Windy yang berhasil mempengaruhi raja dan beberapa orang dalam pemerintah untuk melakukan hal buruk. Windy ini berniat untuk mencari sebuah batu berkekuatan magis yang dimiliki oleh Tir di mana Tir ternyata dipercayakan temannya untuk menjaganya dari Windy. Akhirnya ia berusaha membentuk suatu grup boyband kelompok yang berusaha menggulingkan pemerintahan tadi serta membunuh Windy dengan cara mengumpulkan 108 SoD (Stars of Destiny alias Orang-orang yang udah ditakdirkan). Dan yang paling sedih di sini, ia harus menghadapi ayahnya sendiri dalam menggulingkan pemerintahan yang korup tadi, Nah bagaimana kelanjutan ceritanya? Silakan mainkan sendiri dan jangan lupa ikuti alur ceritanya :)


Trio Kwek-kwek
Suikoden 2 merupakan salah satu game yang bisa bikin galau karena alur ceritanya begitu menarik dan menghanyutkan perasaan. Kali ini buat yang gak suka sama Spoiler (saya sendiri gak tau artinya apa :p) gak usah dibaca. Cerita bermula dari Riou dan Jowy, dua orang sahabat karib yang merupakan brigadir sebuah kerajaan yang dipimpin oleh seorang bernama Luca Blight. Riou dan Jowy ternyata juga bersahabat dengan seorang bernama Nanami. Mereka bertiga udah sahabatan sejak kecil. Jadi ceritanya Riou dan Jowy yang sedang berkemah dengan para pasukan kerajaan tiba-tiba diserang oleh tentara negeri lain di mana ternyata yang menyerang adalah suruhan Luca Blight, rajanya sendiri supaya kelihatan bahwa negeri lain menyerang pasukan negerinya sehingga ia bebas menyerang dan menguasai negeri lainnya. Riou dan Jowy ternyata mengetahui kebenaran peristiwa tersebut itu dan akhirnya mereka dikejar-kejar komandan pasukannya dan Luca Blight sehingga ia harus lari dan akhirnya terjun ke air terjun karena sudah tak ada jalan lari lagi. Riou dan Jowy membuat tanda di sebuah batu sebagai tanda tempat pertemuan mereka kembali. Singkat cerita satu persatu negeri jatuh ke tangan Luca dan untuk mengalahkannya serta menghentikan peperangan, Riou dan Jowy ikut suatu perkumpulan karang taruna yang bertujuan untuk melakukan pemberontakan. Riou dan Jowy juga mendapat masing-masing satu batu berkekuatan magis (rune) yang sifatnya saling bertolak belakang untuk menjatuhkan Luca Blight tadi. Pemilik kedua batu itu sudah ditakdirkan untuk bertarung satu sama lain.

Singkat cerita dengan pemikiran idealis masing-masing, Riou berhasil menjadi pemimpin pasukan pemberontak, sedangkan Jowy masuk ke dalam pemerintah dan berniat menjadi Raja supaya ia bisa menghentikan perang melalui kedudukannya tersebut. Nanami lebih memilih untuk mengikuti Riou dan mempertanyakan mengapa Jowy malah masuk dalam pihak pemerintah. Nah, di Suikoden 2 juga, sang tokoh utama disuruh untuk mengumpulkan 108 SoD untuk mendapatkan ending yang sempurna. Nah, di sini kita bisa mendapatkan beberapa ending yang menarik :

1. Di sini Riou dan Nanami memutuskan untuk menyerah dan meninggalkan pasukan pemberontak dan hidup dengan damai di suatu tempat terpencil.  Yah, walaupun sang tokoh utama menyerah, namun ternyata perjuangan tetap dilanjutkan anak buah Riou. Gambar endingnya sendiri adalah gambar rumah di mana saya lupa print screen dari laptop saya dan udah saya cari di google tapi gak dapat-dapat. Banyak orang yang bilang bahwa ending ini adalah ending yang buruk. Namun menurut saya ini bukanlah ending yang buruk karena mereka bertiga tetap hidup dengan jalan hidupnya masing-masing.

2. Ini adalah ending di mana jika kita gagal mengumpulkan warga kampung 108 SoD tepat pada waktunya. Jadi di Ending ini, Nanami akan mati, Jowy saya agak lupa, dibunuh atau berkelana sendirian, dan Riou akan jadi pemimpin pemerintahan yang baru. Ending ini saya udah agak lupa karena saya mainkan setahun yang lalu. Gambar endingnya sendiri saya sudah lupa :D.

3. Jika kita berhasil mengumpulkan 108 SoD, kita bisa memilih beberapa alternatif ending, pertama bad ending, yaitu memilih menjadi pemimpin kerajaan dengan Jowy yang akan pergi berkelana sendiri dan tidak diketahui keberadaannya. Di sini gambar endingnya bener-bener bikin galau di mana Jowy akan duduk sendirian di suatu senja di dekat batu tempat mereka berdua janji untuk ketemuan. Di sini tergambar Jowy yang ternyata masih mengingat janjinya dengan Riou. Nanami bisa hidup (namun Riou akan menyangka ia mati) atau bener-bener mati di sini, tergantung pilihan-pilihan yang kita buat dalam game ini. Bad ending lain yang bisa kita dapat adalah saat bertemu Jowy kembali di batu, Riou akan mengambil rune milik Jowy. Ending yang paling "sempurna" adalah Riou dan Jowy akhirnya bersahabat kembali dan ternyata Nanami masih hidup dan akhirnya mereka kembali tinggal di desa di mana mereka dibesarkan. Gambar Endingnya sendiri mereka bertiga akan menikmati langit biru di bawah sebuah pohon. Di sini, bila Nanami mati, gambar endingnya seperti ending yang sempurna tadi namun gambarnya tidak berwarna.

Galau karena pengen nyebur ke air tapi gak bisa renang

4. Mungkin ada ending lainnya, ada yang mengatakan bahwa Jowy akan dibunuh secara tidak langsung oleh Riou. Untuk ending ini saya kurang tahu, hahahaha.... *kena timpuk*

Nah, buat yang penasaran sama gamenya dan mau memainkannya di pc atau laptop, ini ada thread lengkap di indowebster mengenai emulator dan rom'nya (game'nya). Rata-rata rom'nya bisa didownload langsung dari indowebster : 

Yang mau liat Screenshot serta spoiler dari Suikoden 2 :

Yang mau tahu rahasia-rahasia mengenai Suikoden, bisa dilihat di :

Torehan prestasi saya selama seminggu ini *suram*

Oke, sekian dulu postingan saya kali ini karena mata saya udah agak ngantuk (akibat maen game ini beberapa hari),
makasih buat yang udah ngebaca postingan saya sampai habis,
Met Malam semuanya  & God Bless :)

N.B. : Saya agak kurang berhasil menamatkan game ini karena seharusnya ada cerita salah satu tokoh bernama Clive yang bisa dilihat bila kita bisa memasuki kota terakhir (dengan 108 SoD lengkap) dengan waktu bermain di bawah 20 jam (Saat saya memasuki kota terakhir, waktu main saya hampir mencapai 30 jam :().

0 komentar:

Silakan Didenger